Thursday, November 15, 2007

IN engineering

hmmm dah lama pengen posting ttg kerjaan gw yg sekarang.
jadi waktu gw di interview sama manager gw yg sekarang, di daftar hadirnya gw masuk di bagian IN engineering. nah lho, IN itu apa gw jg ga tau. pas interview dijelasin bahwa IN itu intelligent network, bla bla bla. pertama kali yg ada dipikiran gw, Intelligent berarti mata-mata, wah gw ngebayanginnya gw kerja di bagian network yg kerjanya memata-matai, wekekekek.
and then setelah gw bergabung di IN engineering, gw penasaran bgt, IN itu apa sih, kaya gmn sih, bla bla bla. dan akhirnya dapetlah gw artikel2 yang berhubungan dg itu (ya iyyalah secara gw harus blajar itu). trus gw hepi banget waktu site observation, gw bener-bener ngeliat mesin IN itu kaya gmn, hwaaa akhirnya gw copy darat ama si IN, hihihi.
nah skr gw jelasin deh, IN itu konsep jaringan telekomunikasi dengan kapabilitas service independent, nah lho, tambah penasaran ato tambah bingung nih??
nih bahasa yg lebih sederhananya, IN merupakan Konsep yg ditujukan untuk mempermudah pengadaan layanan-layanan telekomunikasi baru yang tidak bergantung pada implementasi jaringan maupun jenis perangkat dalam suatu lingkungan yang multi-vendor. Penerapan Intellegent Network pada jaringan telekomunikasi pada hakikatnya ialah memasukkan kecerdasan ke dalam jaringan telekomunikasi tersebut, yang memungkinkan jaringan tersebut memiliki suatu pusat pengendali yang mengatur keseluruhan operasi dan managementnya sehingga dapat memenuhi permintaan layanan masing-masing pelanggan secara cepat, mudah dan fleksibel.
*buset definisinya ketauan banget gw copy paste,hihihi*
hmmm setau gw sih IN itu mengatur billing prepaid dan layanan prepaid lainnya. correct me if Im wrong.

No comments: