Saturday, August 2, 2008

jakarta oh jakarta

I’m trying to describe jakarta, gimana yah,, hmmm,,,
Well, pada postingan-postingan gw sebelumnya, emang blm ada yg ceritain kota dimana gw mencari nafkah ini. Makanya berhubung ada kejadian yang bikin gw miris, gw jadi pgn posting hal ini.
Jakarta itu Makanan dan udaranya gampang bikin daya tahan tubuh menurun, orang-orang yang sulit dibedakan mana yang baik dan mana yang berniat jahat sehingga otomatis membuat seseorang menjadi berkepribadian cuek dan ga peduli sama lingkungan sekitar alias selfish.
2 tahun yang lalu, bulan bulan pertama gw hidup di jakarta, kota ini bikin gw sakit-sakitan, gw belum beradaptasi sama udara dan makanannya. Apalagi gw punya masalah pencernaan yang lumayan sensitif, gw dah coba makan makanan yang bersih dan tempatnya terhitung bersih, tapi masih aja gw sakit-sakitan, polusinya jg bikin gw gampang batuk, tiap hari naek bus, nyebrang jembatan yang jauhnya takterkira plus asap-asap dari knalpot bus dan motor, otomatis ga sehat banget buat paru2 yang belum beradaptasi sama jakarta kaya gw :(

Setelah lebih dari 3 bulan akhirnya gw bisa jg adaptasi sama jakarta. Dan ternyata hal yang sama jg dialami adi pas pertama kali pindah ke jkt, ouw cinta, alhamdulillah sampe sekarang kita baek2 yah :)

Yang gw aneh dijkt ini, koq bus-bus yang asap knalpotnya dah hitam banget, masih bersliweran ajah, harusnya pemerintah bisa mengurangi polusi dg mengganti bus-bus yg seperti itu. Yang aneh lagi nih yah, yang sering banget gw alami, gw naek kopaja, yang didalamnya ada orang tua-kakek nenek gitu- tapi si sopir kopajanya teteup ajah ngebut-ngebutan n salip-salipan, kayanya yg dikejer bukan setoran tapi maut deh. Aduuuhh kasian deh sama kakek nenek itu, mana mrk dah pegangan erat sama korsinya mana jg harus jaga spy ga jantungan,,, sedih deh liat jakarta yg seperti ini, harusnya pemerintah bikin tes mengemudi yang bener buat para sopir2 bus dan kopaja, spy teratur dan aman buat penumpangnya. Yang sekarang terjadi mrk cm tertib kalo ada polisi yang jaga didepannya, eh pas dah lewat gitu, mrk lanjut lagi kebut-kebutan dan salib-saliban.
Semua jenis transportasi umum di jakarta ga ada yang sepenuhnya nyaman dan aman. Mau naek busway yang ber-AC juga ada copet, mau naek taxi banyak yang maenin argo dan kejadian perampokan, mau naek bus dan kopaja banyak copet dan ga nyaman kr ngebut2an. Mau naek ojek atau bajaj sama aja ngebutnya. Yah kondisi inilah yang bikin makin banyak orang-orang yang beli kendaraan pribadi dan kemana2 naek kendaraan pribadi. Yah sekali lagi inilah yang bikin kemacetan dimana-mana dengan jumlah kendaraan yg semakin bertambah tapi ruas jalan yg gitu-gitu aja, dan lalu lintas yang tidak teratur kr saling kebut-kebutan... jakarta oh jakarta...

Kota ini jg bikin banyak orang berubah kepribadian menjadi cuek dan selfish, secara yah, kita bisa ditipu sama orang2 yang bertampang innocent. Contohnya nih yah, di ruas jalan sudirman yang dulunya gw biasa jalan kaki dari sampoerna square ke setiabudi, itu ada seorang ibu2 yang beralasan minta uang seribu untuk ongkos pulangnya, tapi anehnya ibu itu tiap hari minta uang dengan alasan yang sama diruas jalan yang sama, walopun didepan gedung yang berbeda2 tiap harinya. Karna dah terlalu sering ketemu ma gw, tu ibu ga pernah berani lagi nyamperin gw, hihihi. Emang belum jelas penipuan ibu itu kaya gmn, tapi yang jelas orang2 cuek dengan apapun kondisi ibu itu, ga ada yg simpatik tuh. Dan inilah yang otomatis bikin orang2 cuek, mo gmn jg yah urus diri masing2 aja gitu dijakarta.
Secara nih yah, orang2 yang justru sengaja men-set suatu skenario spy orang heboh/prihatin, justru biasanya harus dicurigai kr bisa jadi rampok/copet. Kaya orang dibus yang pura2 uangnya/rokoknya jatoh didekat kaki kita, trus dia pegang kaki kita, atau orang yang pura2 muntah-muntah didekat kita. Dan kita dengan reflek ga fokus sama barang bawaan kita, jadi deh isi tas kita ra’ib.
Ada lagi skenario rampok yang manggil orang di halte seolah2 mau nanya alamat, tapi ternyata malah orang itu dibawa paksa kedalam mobil dan dirampok habis-habisan, klo selamat bisa melarikan diri, klo engga, rampoknya minta tebusan kekerabatnya orang itu. Haduh seyem kan jakarta :( makanya orang2 jadi cuek2 aja. mau ada yang muntah, mau ada yg luka, mau ada yang nanya alamat, mau yang duitnya kurang buat ongkos pulang, yah orang2 mah ga peduli, inti kasarnya “urus deh diri lu masing2, gw ga peduli, daripada gw malah celaka”
Gimana coba yah bisa hidup nyaman dijakarta, kalo kriminal dengan berbagai skenario kriminalitas semakin meningkat dan meluas dimana-mana belum lagi orang2 yang semakin cuek2..

Kota ini jg pny habit yang sudah bisa diprediksi, klo musim ujan, pasti beberapa daerah tiba2 jadi kolam renang raksasa. Kalo kata komedian kita, jakarta itu ga banjir, cm rumah2nya aja yg perlu dicuci setiap tahunnya. Huehehehe.
Jadi inget dulu kosan gw daerah yg rawan banjir, malem2 tidur ga nyenyak, jam 3 malem dibangunin buat siaga banjir, pagi2 ngepel bantuin ibu kos karna aer hampir masuk kekamar, mau pulang ke bogor ga bisa, karna jalur kereta api kebanjiran juga, mau naek bus jg masih macet banget, wah pokoknya kaya udah mau kiamat besar, suasana depan kantor lama gw yang kebanjiran, plus lalu lintas yang macet, dan bus2 yang miring saking penuhnya penumpang. Trus ratusan orang memilih jalan kaki supaya bisa mencapai rumah/tempat tujuan, karna ga memungkinkan untuk naek kendaraan.


jakarta oh jakarta,,, kota penuh gemerlap yang juga penuh sisi gelap,,, kota yang angkuh, sibuk dan semrawut. Kota tempat mencari nafkah banyak orang, kota inspirasi perjuangan hidup, kota penuh sejarah bagi semua lapisan masyarakat, jakarta oh jakarta,,,